Rabu, 02 September 2015

Apa sih itu SAE, API n JASO pada oli?


Hola sobat Viar..


Bagi kita yang udah punya kendaraan sendiri pasti punya donk merk oli langganan kalian.. 
Nah tentu di botol oli itu ada yang namanya JASO, API, n SAE..
Tapi kalian mgkn blm tau apa sih fungsi dari kata-kata itu. Nah kali ini VMI akan membahas tentang oli yang biasa kita pakai..
Ayo kita pengenalan apa itu JASO, API dan SAE..

S.A.E merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. Nah ini adalah Persatuan ahli otomotif dunia yang bertugas menguji serta mengeluarkan kode tingkat kekentalan oli dengan standarisasi Internasional.
Contoh: Oli dengan S.A.E 10w-40. Angka 40 menunjukkan kadar kekentalan oli yang berarti semakin tinggi angka tersebut, semakin kental lah oli itu..
Untuk huruf "W" memiliki arti Winter maksudnya adalah oli tersebut memiliki angka kekentalan 10 pada suhu dingin dan 40 pada suhu panas..
Nah ternyata ada juga loh oli yang hanya satu angka saja misal 10w atau 20w. Untuk oli yang memiliki dua angka kekentalan disebut multigrade dan untuk oli dengan satu angka kekentalan disebut monograde.

Nah itu dia penjelasan tentang S.A.E, sekarang kita lanjut ke API..


A.P.I merupakan singkatan dari American Petroleum Institute, adalah suatu institusi yang bertempat di Amerikan Nah mereka bertugas untuk menetapkan "Grading" atau level oli menurut Service Classification untuk mesin bensin. Standart grading sendiri didasarkan kepada: Proteksi Oksidasi, Proteksi Keausan, High Temperature Engine Deposite, Foaming, Pembentukan Kerak, Perlindungan Korosi yang berujung pada konsumsi bahan bakar, performa mesin dan emisi.
Untuk saat ini ada beberapa jenis klasifikasi yang beredar di pasaran dimulai dari SG, SJ, SL, dan SM. Bahkan ada beberapa yang terbaru sudah mencapai SN. Pada intinya semakin tinggi API Servicenya, maka semakin bagus juga kualitas olinya..

Selanjutnya kita akan membahas JASO..




JASO merupakan singkatan dari Japanese Automobile Standart Organization. Nah JASO sendiri dibedakan antara mesin 2 langkah dan 4 langkah. Untuk tingkat performance pelumas mesinn 2 lagkah terdapat jenis FA, FB, dan FC. Sedangkan untuk mesin 4 langkah jenisnya MA dan MB. Dulu sebenarnya tipe JASO hanya ada tipe MA, namun seiring perkembangan teknologi, kini muncullah tipe MB yang biasanya diperuntukkan untuk motor matic..

Gimana? Mimin harap penjelasannya gampang ya.. 
Ditunggu komennya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar