Selasa, 01 September 2015

Apa sih itu DOHC n SOHC?


Hola Sobat Viar..

Banyak banget nih pertanyaan yang masuk ke news room VMI (keren yak bahasanya.. hehehe) tentang "kenapa sih Viar gak buat motor DOHC?"
Nah sebelumnya akan kita bahas dulu nih apa sih itu SOHC ataupun DOHC..
Pertama kita akan membahas DOHC yang katanya mesin superior saat ini..
DOHC itu kepanjangan dari Double Overhead Camshaft. Sesuai dari namanya yang Double berarti jumlah Camshaft atau istilah kerennya Noken As yang berada di Head Cylinder atau Kepala Cylinder itu berjumlah dua
Nah apa sih keuntungannya?
  1. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin jenis ini biasanya lebih besar karena kinerja mesin ini ringan di putaran atas.
  2. Karena ringan di putaran atas maka Nilai RPMnya pun akan lebih tinggi (nafas mesin lebih panjang).
  3. Dan karena RPM lebih tinggi jadi Top Speed pun akan lebih maksimal.
Dan sekarang kita bahas kekurangannya.. 
  1. Dikarenakan jumlah Noken As sebanyak dua buah, maka putaran mesin di bawah pun agak berat.
  2. Biaya perawatan lebih tinggi dan perbaikan lebih kompleks.
  3. Relatif lebih boros bahan bakar.
Nah itu tadi keunggulan dan kekurangan dari mesin jenis DOHC. Bagaimana kl SOHC?
SOHC sendiri merupakan singkatan dari Single Overhead Camshaft atau bahasa gaulnya Noken As jomblo.. wkwkwk..
Dahulu SOHC ini hanya memiliki dua klep, tapi seiring perkembangan jaman n perkembangan teknologi saat ini mesin jenis SOHC pun bisa mengusung 4 klep seperti mesin jenis DOHC..
Nah apa sih keunggulan n kekurangan dari mesin jenis ini?
Ini dia keunggulan dari jenis mesin SOHC..
  1. Karena jumlah noken as yang single atau cuma satu buah saja, otomatis kerja mesin di putaran bawah pun akan lebih ringan dan juga untuk nilai RPM bawah pun akan lebih mudah naik.
  2. Biasanya konsumsi bahan bakar lebih irit karena kerja mesin lebih ringan di segala RPM.
  3. Biaya perawatan yang murah dan mudah karena tidak terlalu banyak komponen di dalamnya.
Setelah kelebihan, maka berikut ini adalah kekurangannya..
  1. Kekurangan dari mesin ini adalah tenaga di putaran atas yang kurang. dalam artian top speed tidak terlalu tinggi.

Nah sudah paham kan dimana letak perbedaan SOHC dan DOHC?
Untuk alasan keiritan dan efisiensi juga Viar hingga saat ini masih betah dengan mesin SOHCnya..

Tapi untuk mesin DOHC? why not? tunggu aja tanggal mainnya.. hehehe.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar